Shanghai (ANTARA News/Reuters) - Sebuah pesawat kargo yang terdaftar di Zimbabwe yang sedang dalam perjalanan ke Kyrgyzstan jatuh saat take-off di Shanghai, Sabtu, menewaskan tiga awak AS dan memicu kebakaran, demikian media negara dan seorang pejabat AS. Pesawat itu, berpenumpang tujuh orang, meninggalkan landasan pacu dan jatuh ke sebuah bangunan penyimpanan, memulai kebakaran dan mengirim gulungan asap hitam tebal ke atas bandara, lapor badan siaran nasional China, CCTV.

Kecelakaan itu terjadi di bandara Pudong. Pesawat yang terdaftar di Zimbabwe itu dijadwalkan terbang ke Bishkek, ibukota Kyrgyzstan, lapor kantor berita Xinhua.

Sekarang kita telah membahas aspek-aspek dari latest cheat, mari kita berpaling pada beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan.

Richard Buangan, wakil jurubicara di kedutaan besar AS di Beijing, menyatakan ada empat warga Amerika yang naik pesawat itu. "Tiga dari mereka dipastikan tewas, dan satu orang terluka," jelasnya.

Anggota awak lainnya juga telah dibawa ke rumah sakit dengan luka-luka.

Pihak berwenang bandara menolak untuk mengomentari kecelakaan itu tapi mengatakan ada beberapa penangguhan dalam penerbangan meninggalkan Shanghai. Kedutaan besar Zimbabwe tak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. (*)