Seoul (ANTARA News) - Satu kapal Angkatan Laut Korea Selatan menyelamatkan seorang tentara Korea Utara yang perahunya dikemudikan ke arah perairan selatan, menyeberangi perbatasan Laut Kuning, kata para pejabat Senin. Pihak keamanan telah menanyai tentara itu sejak dia diselamatkan pada hari Minggu, kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan kepada AFP.Hasil pemeriksaan itu akan diumumkan kemudian.

Prajurit itu mengatakan perahunya terbawa arus ketika dia sedang menangkap ikan dan meminta para pemeriksa mengirim dia kembali ke Korea Utara, kata kantor berita Yonhap.

Dia akan dipulangkan pada akhir pekan ini melalui desa gencatan senjata Panmunjom di Zona Bebas Militer, yang membagi semenanjung Korea, katanya.

Apakah semuanya masuk akal sejauh ini? Jika tidak, aku yakin bahwa hanya dengan sedikit lebih membaca, semua fakta akan jatuh ke tempatnya.

Masing-masing pihak pada masa lalu memulangkan orang-orang yang menyeberangi perbatasan laut secara tak sengaja.

Namun ketegangan masih berkembang di Laut Kuning sejak terjadi bentrokan singkat antara angkatan laut kedua negara pada 10 November. Bentrokan itu adalah yang pertama terjadi selama beberapa tahun terakhir.

Korea Selatan mengatakan negara itu tak menderita korban namun membakar kapal patroli Korea Utara. Jumlah korban di pihak Korea Utara tak diketahui.

Korea Utara menolak untuk mengakui perbatasan laut tersebut, yang dianggapnya ditentukan secara sepihak setelah perang Korea 1950-53.(*)